jump to navigation

Ratusan Karyawan Unisem Demo February 27, 2009

Posted by aerobtm in Uncategorized.
Tags: , , , , ,
trackback

Rekan Di-PHK, Ratusan Karyawan Unisem Demo

Jumat, 27 Pebruari 2009

BATAM (Batam Pos) – Ratusan karyawan PT Unisem berunjuk rasa di depan gedung perusahaan itu, Kamis (26/2). Mereka memprotes tindakan manajemen yang secara sepihak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 11 rekan mereka pada awal Januari 2009 lalu. Dalam aksi yang digawangi oleh Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) tersebut, para demonstran menuntut agar pihak perusahaan membatalkan PHK terhadap ke-11 rekannya karena dianggap cacat hukum. Hal ini disampaikan Ketua PUK Serikat Pekerja Logam, Elektro, Mesin (SP-LEM) SPSI PT Unisem, Mulyono. Menurutnya, pihak perusahaan telah mem-PHK 11 karyawan Unisem pada 24 Desember 2008 dan efektif mulai 1 Januari 2009. Namun, kata Mulyono, pihak manajemen tidak melakukan perundingan dengan serikat pekerja berdasarkan prosedur yang diatur dalam UU Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003, sebelum memutuskan untuk mem-PHK para karyawan tersebut.

Selain menuntut agar rekan mereka dipekerjakan kembali dan meminta pihak perusahaan menjamin kebebasan dan hak buruh untuk berserikat, para demonstran juga meminta perusahaan mengklarifikasi rencana PHK masal di Unisem. Menurut informasi, saat ini sedang berkembang wacana bahwa manajemen Unisem akan melakukan re-strukturisasi karyawan sebesar 10 hingga 20 persen dari 3.515 total karyawan Unisem saat ini. Wacana ini sempat menimbulkan keresahan bagi pekerja Unisem. Aksi yang dimulai pukul 14.00 WIB itu sempat diwarnai ketegangan, sebab pendemo menolak saat petugas keamanan meminta perwakilan untuk bernegosiasi dengan pihak manajemen. Para demonstran malah meminta Manajer HRD Unisem Arif Rahman Hakim, untuk keluar dan menemui para demonstran.

426 Anggota Polisi Diturunkan Sedikitnya 426 anggota polisi yang berasal dari berbagai satuan diturunkan untuk mengantisipasi tindakan anarkis aksi demo karyawan PT Unisem, siang kemarin. Mereka sudah berada di lokasi sejak pukul 12.00 WIB, dengan perlengkapan pengamanan unjuk rasa. ”Ke-426 polisi ini berasal dari Poltabes sebanyak 276 personel, Sat Samapta Polda Kepri 30 personel, Brimob Polda Kepri 90 personel, dan Lantas Polda Kepri 30 personel,” kata Kabag Ops Poltabes Barelang Kompol Indra Krismayadi yang menjadi komando dalam pengaman itu. (cr1/mat)

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: