jump to navigation

Peluang Usaha Aksesori Wanita dan Remaja March 1, 2009

Posted by aerobtm in Peluang Usaha.
trackback

Usaha ini mengakomodari kebutuhan wanita dan remaja untuk selalu tampil modis, trendi, dan up-to-date. Oleh karena itu, usaha ini selalu berhubungan dengan tren terkini, khususnya tren di dunia fashion.

Karena produknya begitu beragam, anda harus menentukan terlebih dahulu segmen pasar yang hendak dituju, apakah remaja/wanita dengan taraf ekonomi/tingkat pendapatan tinggi, sedang atau rendah. Dengan begitu anda bisa menentukan dengan tepat tempat usahanya, yaitu sekedar di garasi rumah saja, menyewa ruko di kompleks perumahan, atau menyewa kios/toko di mal.

>> Aksesori untuk wanita dan remaja

>> Pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan

>> Modal yang diperlukan

>> Kiat menjalankan usaha

>> Strategi promosi

>> Peluang usaha lainnya

Aksesori untuk wanita dan remaja meliputi

• Aneka aksesori: gelang, kalung, anting, cincin, jepit dan ikat rambut, bando serta pita dengan aneka model dan bahan.

• Scraft, saputangan, ikat pinggang, kaos kaki, stocking.

• Aneka dompet, tas mungil sampai ukuran besar untuk berbagai keperluan remaja (sekolah, les, berenang, kegiatan eskul) dan keperluan wanita (tas dan jalan-jalan, tas untuk perlengkapan sholat).

• Gift & fancy (aneka kado) seperti jam, pigura, pajangan meja, pajangan komputer, magnet kulkas dan boneka berikut kertas kadonya.

• Lain-lain: tempat handphone dari berbagai jenis bahan, tempat CD dan tempat MP3/MP4 player.

Pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan

• Jenis produk dan tren yang sedang berkembang di kalangan remaja dan wanita.

• Sumber barang mendapatan beragam produk dengn harga murah/grosir dan kalau bisa konsinyasi. Survey beberapa tempat sekaligus kemudian bandingan harga dan biaya transportasi untuk mencapai tempat tersebut.

• Cara membuat aksesori sendiri.

• Cara menata toko agar bisa memajang aneka produk, tetapi tetap terlihat menarik dan mudah mencari barang-barang yang diinginkan.

• Pembukuan sederhana agar anda mengetahui persis stok masuk dan keluar barang serta komponen harga jual yang anda tetapkan.

• Kemampuan menjalin hubungan baik dan mengani komplain pelanggan. Umumnya remaja sangat kritis dalam berbelanja.

• Kemampuan mengawasi toko dengan baik. Hal ini perlu untuk mengantisipasi toko yang ramai pembeli sehingga rawan pencurian/kehilangan karena produk yang ditawarkan umumnya berukuran kecil, jika anda merasa tidak mampu, cari seorang kerabat yang bisa anda percaya untuk mengawasi jalannya toko atau pekerjakan pegawai.

Modal yang diperlukan
• Lokasi yang strategis, tetapi tidak perlu terlalu besar. Anda bisa menyewa rumah petak atau paviliun kecil di dekat sekolah atau tempat kursus. Anda bisa juga menyewa kios di mal dengan ukuran 3 x 3 m atau 4 x 4 m jika keuangan anda memungkinkan. Pemilihan tempat tentu saja tergantung dari barang dan target sasaran pembeli.
• Stok aneka aksesori. Jika keuangan anda terbatas, anda bisa mencoba membuat aneka aksesori sendiri. Luangkan waktu untuk belajar sendiri atau sisihkan dana untuk sumber barang yang bisa menggunakan sistem konsinyasi (jika tidak laku, barang boleh ditukar) karena akan mengurangi modal yang dikeluarkan.
• Rak untuk tempat memajang produk aksesori anda.
• Rak/lemari tertutup atau gudang kecil untuk menyimpan stok dan kardus.

Kiat menjalankan usaha
• Tata tempat usaha semenarik mungkin agar pembeli tertarik. Umumnya remaja menyukai warna yang cerah dan ekspresif.
• Usaha ini bertumpu pada “produk” sehingga kelengkapan produk merupakan syarat utama untuk menarik pembeli. Namun jika anda belum mengenal pasar dan mengetahui produk mana yang mudah laku, mulailah bertahap untuk mengindari resiko penumpukan stok.
• Hati-hati dalam penentuan harga karena usaha ini mudah ditiru.
• Jangan lupa selalu mengikuti tren untuk memastikan produk-produk terkini yang sedang digemari selalu ada “lebih dulu” di toko anda. Jika perlu, buat brosur/leaflet produk terbaru untuk disebarkan di tempat remaja berkumpul.
• Karena selalu mengikuti tren, produk ini umurnya pendek dan mudah ketinggalan zaman sehingga stok lama banyak yang tidak laku, untuk mengantisipasinya, lakukan pemasaran “jemput bola” dengan cara mengikuti bazar, menitipkan barang di koperasi, atau membawa ke tempat arisan ibu-ibu.

Strategi promosi
• Pakai aksesori buatan sendiri di setiap kesempatan. Usahakan serasi dengan baju dan tas yang anda kenakan sehingga terlihat trendi dan membuat orang tertarik untuk bertanya “Aksesorinya bagus deh. Beli dimana?”.

Peluang usaha lainnya
• Penyewaan aksesori. Anda bsa bekerja sama dengan penata rias atau salon dan production house yang terkadang memerlukan aksesori sebagai properti untuk mendukung pembuatan produksinya.
• Menjual kotak atau tas untuk kado.
• Layanan pembungkus kado secara indah dan menarik.

sumber: buku 101++ ide jitu peluang usaha SATU LANGKAH MAJU

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: