jump to navigation

Jika Penduduk Batam sudah mencapai 2jt orang March 28, 2009

Posted by aerobtm in Indonesia.
Tags: ,
trackback

Saat ini penduduk Batam diperkirakan sudah mencapai 800,000 orang ditahun 2008. Apa jadinya kalau sudah mencapai 2,000,000 orang? Ini bisa saja terjadi 5 tahun atau 10 tahun bahkan 15 tahun lagi.

Cepat ataupun lambat pasti terjadi, yang paling penting adalah : Bagaimana mengantisipasi infrastruktur dan fasilitas yang ada. Beberapa inftrastruktur penting untuk penduduk saat ini saja masih bermasalah perlu dirancang untuk bisa menampung jumlah penduduk 2-3jt lima belas tahun kedepan.

– Listrik saat ini masih dibilang cukup, tidak berlebih. Gerakan untuk menambah sudah kelihatan dan cukup serius oleh pemerintah.


Air bersih yang saat ini masih kurang banyak, akan menjadi masalah terus-menerus jika tidak ada planning yang super besar, melompat menjadikan surpus, berlebihan dan berlimpah.
-Jalan Raya terbilang bagus dengan lubang yang selalu ditambal. Panjang jalan masih memadai untuk 5 tahun kedepan. Salut untuk perencanaan jalan selama ini yang cukup care.
-Lahan sudah semakin sempit, planning kota akan menjadi yang paling sulit dan harus dimulai dari sekarang. Sama dengan Singapore ataupun Hongkong, Batam tidak bisa mengembangkan pembangunan fisik kesamping karena dibatasi laut. Mau tidak mau, pembangunan akan keatas dengan bangunan tinggi menjulang.
-Pendidikan harusnya menjadi sentra terhadap Sumatera dan Kalimantan. Dengan miskin sumber daya alam, Batam harus berkompetisi dengan daerah lain di bidang lain salah satunya adalah pendidikan. Buatlah perguruan tinggi yang megah disamping yang sudah ada.
-Infrastruktur komunikasi adalah yang paling siap, termasuk internet yang bisa dibilang excellent. Fiber Optik sudah mengelilingi Batam, bukan hanya Telkom, tapi juga Indosat, Excel dan provider lain.
-Pasokan makanan, sayuran akan sangat tergantung dari daerah lain. Akan lebih baik jika dibuat kerjasama antara pulau terdekat agar ongkos angkut menjadi lebih murah. Bintan adalah pilihan yang sempurna, dengan lahan yang luas dan subur, berjarak hanya 60 menit ke batam. Kurangi keluarnya devisa dengan mengimport sayur dari Malaysia.

-Begitu juga dengan bahan ternak yang masih didatangkan dari Singapore, Malaysia dan Thailand seperti ayam beku, sapi, ikan lele, apalagi buah-buahan. Tragis sekali, lahan berlimpah tidak dimanfaatkan untuk berproduksi.
-Transportasi umum sungguh memprihatinkan. Tidak ada taxi berArgo, tidak ada angkutan kota ataupun bus yang memadai. Ini konsep transportas yang jelek. Buatlah gebrakan dengan penyediaan transportasi yang nyaman untuk menyambut visitbatam 2010 dan menjadi dasar mobilitas penduduk pada saat penduduk mencapai 2jt.
-Batam memang tidak memunyai tempat hiburan alam kecuali pantai melur di Barelang. Tingkatkan transportasi antar pulau yang nyaman, alirkan hiburan ke pulau sekitar yang pada akhirnya juga menghemat devisi yang selalu terbang ke Malaysia, Singapore dan Thailand. Pulau sekitar akan sangat berterima kasih!

Wow..banyak sekali yang perlu kita siapkan menjelang penduduk 2jt entah ditahun 2015 atau tahun 2020. Sebagai awam saja saya sudah bisa melihat kekurangan yang akan terjadi apalagi para pemimpin kota dan DPRD kita, mudah-mudah mereka lebih tajam lagi melihat hal-hal seperti ini.

Cepat atau lambat Batam dengan ciri khas geografis yang sama dengan Singapore, lahan dan sumber daya alam terbatas akan berkembang seperti Singapore.

Seperti yang ditulis dalam: http://www.visitbatam.net/?cat=11

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: